Ilmu Pengetahuan Pariwisata : Potensi Daya Tarik Wisata

2 May 2012

Potensi dan daya tarik obyek wisata merupakan salah satu unsur pokok dalam pembangunan kepariwisataan di samping unsur-unsur yang lainnya seperti : akomodasi, restoran, usaha jasa perjalanan, dan lainnya.

Rumah Panggung Khas Manado - Minahasa

Rumah Panggung Khas Manado - Minahasa

Potensi daya tarik suatu obyek wisata adalah suatu sifat yang dimiliki oleh suatu obyek berupa keunikan, keaslian, kelangkaan, atau lain dari pada yang lain memiliki sifat yang menimbulkan semangat dan nilai bagi wisatawan.

Suatu tempat atau keadaan alam yang sangat menarik pasti sangat dinikmati oleh wisatawan pada umumnya. Objek wisata yang mempunyai potensi dan daya tarik wisata yang baik harus terus dibangun dan dikembangkan, sehinnga mempunyai daya tarik agar wisatawan puas akan objek wisata yang dikunjunginya.

Potensi dan daya tarik wisata di dalam obyek wisata yang berwujud pada ciptaan Tuhan Yang Maha Esa adalah keadaan alam, beserta flora dan faunanya. Daya tarik suatu obyek wisata sebagai sumber daya wisata antara lain :

  1. Daya tarik historis.
  2. Lokasi suatu kawasan obyek wisata yang memberikan suatu pemandangan yang indah.
  3. Perkembangan tehnik pengelolaan yang baik.

Daya tarik suatu obyek wisata yang memiliki potensi haruslah mempunyai suatu keanekaragaman sumberdaya alam hayati dan dan ditunjang oleh keadaan lingkungannya. (Editor : N. Raymond Frans),-

Enhanced by Zemanta


TAGS WordPress Manado Indonesia Travel and Tourism Blogdetik.com Ilmu Pengetahuan Pariwisata


-

Author

Follow Me