Mari Elka Pangestu - Menparekraf RI : Diplomasi Kuliner

4 May 2012

Sebagai salah satu daya tarik pariwisata dan salah satu subsektor ekonomi kreatif, kuliner memiliki peranan penting dalam promosi pariwisata Indonesia.

Ikan Cakalang Fufu - Kuliner Khas Kota Manado

Ikan Cakalang Fufu - Kuliner Khas Kota Manado

Beberapa kuliner khas Indonesia sudah mulai terkenal hingga mancanegara. Ini merupakan peluang Indonesia untuk mempromosikan dan meningkatkan citra Indonesia khususnya bidang pariwisata.

Rendang misalnya, jika kita menyajikan rendang, tentu kita bisa bercerita mengenai tempat asal rendang yakni Sumatera Barat. Selanjutnya kita bisa berkisah mengenai tempat menarik di Sumatera Barat dan banyak lagi. Pendeknya, memperkenalkan kuliner Indonesia berarti juga mempromosikan pariwisata Indonesia.

Langkah promosi kuliner lainnya juga bisa dilakukan dengan menyajikan makanan khas Indonesia kepada tamu Internasional. Dengan demikian, mereka bisa menceritakan mengenai keunikan kuliner Indonesia di negaranya sehingga jika dia sendiri atau ada orang lain yang tertarik dengan kuliner Indonesia, maka orang tersebut akan datang langsung ke Indonesia.

Strategi lain adalah dengan mengirimkan juru masak Indonesia untuk mengajarkan cara memasak makanan Indonesia kepada juru masak negara lain. Mengirimkan juru masak Indonesia ke suatu negara untuk mengajarkan cara memasak makanan Indonesia merupakan cara yang cukup efektif. Dengan memakan makanan tersebut di negara asal, orang akan tertarik dan ingin mengunjungi Indonesia untuk mencicipi makanan tersebut secara langsung. (Sumber : Mari Elka Pangestu, Menparekraf RI Editor : N. Raymond Frans),-

Enhanced by Zemanta


TAGS Government WordPress Indonesia Travel and Tourism Blogdetik.com Mari Elka Pangestu


-

Author

Follow Me